Lakukanlah Kebaikan Sekecil Apapun

SAYA kembali dingatkan dengan kejadian kecil tapi cukup menyentuh hati ini sampai ke dasarnya. Betapa tidak, ketika sedang melaju dengan sepeda motor di jalan. Saya melihat seorang bapak yang tiba-tiba menghentikan laju sepeda motornya. Saat itu saya masih belum mengerti kenapa motornya berhenti tiba-tiba?
Beberapa detik kemudian saya baru sadar saat bapak itu menundukkan kepalanya dan tangannya meraih sebuah paku tepat di tengah jalan, kemudian paku itu disingkirkan jauh dari jalan. Subhanallah, kebaikan kecil yang bermanfaat untuk banyak orang, aku tersenyum salut. Nasihat yang tidak diminta datang dari seorang bapak itu, sudah masuk sampai ke dalam hati. “Bahwa lakukanlah kebaikan sekecil apapun, karena kita tidak pernah tahu kebaikan mana yang menghantarkan kita ke surga.”
 
Firman Allah swt, “Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.” (Q.s. Ali-Imran : 148)
 
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Setiap persendian manusia wajib bersedekah pada setiap hari dimana matahari terbit padanya.”
Beliau SAW bersabda pula, “Kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah, kamu menolong seseorang pada kendaraannya, yaitu membantu untuk menaikkannya atau mengangkatkan barang-barangnya di atas kendaraannya adalah sedekah.”
 
Beliau SAW bersabda lagi, “Ucapan yang baik adalah sedekah, dan setiap langkah kamu berjalan untuk shalat adalah sedekah, dan kamu menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.” [HR. Bukhari dan Muslim, dan lafadh ini bagi Muslim]
 
Semoga kita bisa mengambil hikmahnya dari setiap kejadian. []
 
Sumber : islampos.com