Sidang Keliling di Desa Dasan Anyar, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat

Taliwang, 23 April 2019 | 10.52 WITA

Sekitar pukul 08.30 WITA seluruh rombongan Pengadilan Agama Taliwang mengadakan Sidang Keliling untuk kali pertama, yang pelaksanaannya bertempat di Desa Dasan Anyar, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat.
Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pengadilan Agama Taliwang untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta untuk mengimplementasikan asas peradilan, yaitu sederhana, cepat dan biaya ringan.

Untuk tahap awal pelaksanaan sidang keliling yang ditangani yaitu ada 22 perkara. Diharapkan untuk kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan dengan adanya pelayanan sidang keliling yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Taliwang.


Menurut para pihak yang mengajukan perkara melalui sidang keliling, bahwa pelaksanaan sidang keliling ini sangat membatu, karena perjalanan dari rumah ketempat sidang keliling jauh lebih dekat jika dibandingkan untuk bersidang di Kantor Pengadilan Agama Taliwang. Proses persidangan dan waktu tunggu juga tidak lama karena jumlah perkara yang disidangkan lewat sidang keliling tidak terlalu banyak.


Selain itu sidang keliling juga menjadi hiburan tersendiri bagi Tim Pelaksanaan Sidang Keliling karena dapat melihat-lihat suasana alam . Oleh karena itu pelaksanaan sidang keliling ini selalu ditungu-tunggu oleh tim meskipun tempat sidangnya berada di pelosok desa jauh dari perkotaan tetapi tim selalu siap dan semangat demi kemajuan Pengadilan Agama Taliwang.

Informasi tambahan