Peradilan Agama

  • Taliwang, 10 September 2018

     
    Ketua Peradilan Agama Taliwang sangat bersyukur kepada Allah Swt., atas diraihnya nilai “A Excellent” oleh PA Taliwang.  Beliau berharap hasil yang diraih ini menjadi sebuah semangat baru untuk lebih baik lagi dalam menjalankan tugas dan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Semoga dengan apa yang diraih mendapat barokah dari Allah. Amin Ya Robbal'alamin.
     
     
  • Taliwang | Selasa, 04 September 2018 15.30

    Pengadilan Agama Taliwang bergotong-royong memberishkan area kantor. Kegiatan tersebut dimulai dari halama depan kantor, samping dan terakhir halaman belakang kantor. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan Suasana kantor yang bersih, rapi, dan indah yang tentunya merupakan idaman setiap pegawai.

    Foto-foto kegiatan Gotong Royong disini 

  • Taliwang | 19 Agustus 2018 08.00 Wita

     
    Bertempat di halaman Kantor Pengadilan Agama Taliwang. Warga Pengadilan Agama Taliwang mengikuti Upacara HUT Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-73.
     
    Dalam acara upacara tersebut dibacakan Visi dan Misi Mahkamah Agung, serta dibacakan pula Amanat Ketua Mahkamah Agung dengan tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi” dalam Amanat Pembina Upcara yang disampaikan oleh Ibu Ketua Pengadilan Agama Taliwang Hj. Siti Jannatul Hilmi, S.Ag., M.A.
  • Taliwang | 17 Agustus 2018 07.30 WITA
     
     
    Bertempat dihalaman  utama Pengadilan Agama Taliwang pada hari Rabu  Tanggal 17 Agustus 2018 dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT RI yang Ke 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.
     
    Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 pada 17 Agustus 2018 dimulai tepat pukul 07:30 WITA.
    Bertindak sebagai pembina upacara Ketua PA Taliwang Hj. Siti Jannatul Hilmi, S.Ag., M.A, Upacara berlangsung hikmat yang diikuti seluruh Hakim beserta segenap pejabat fungsional dan struktural, staff serta Honorer.
  • Taliwang || Selasa, 14 Agustus 2018 14.00 WITA

    Selasa (14/08), bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Taliwang semua pegawai Pengadilan Agama Taliwang mengikuti Rapat evaluasi Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM). Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua SAPM (Nurrahmawaty, S.HI) didampingi Asesor Internal Pengadilan Agama Taliwang, kemudian beliau memperkenalkan Tim Assesor Internal antara lain Ridwan, S.HI, Nurul Fauziah, S.Ag, Muhammad Saleh, S.H dan Sultanudin, S.H.

    Nurrahmawaty, S.HI, menyampaikan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) sebagai Penjaminan mutu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan yang berkualitas, terstandar, mampu memenuhi persyaratan dan kebutuhan masyarakat pencari keadilan, serta sesuai dengan Aturan yang berlaku.

Seputar Peradilan

  • Jakarta-Humas: Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH., melantik dan mengambil sumpah Ketua Muda Pidana dan Ketua Muda Militer Mahkamah Agung pada hari Selasa, 9 Oktober 2018 pukul 11.00. WIB di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja Gedung Mahkamah Agung lantai 14.
     
    Ketua Muda Pidana Mahkamah Agung yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah Dr. H. Suhadi, SH., MH. Juru Bicara Mahkamah Agung ini menggantikan posisi Artidjo Alkostar yang telah pensiun pada 22 Mei 2018 lalu.
     
    Sedangkan Ketua Muda Militer Mahkamah Agung yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung adalah Dr. Burhan Dahlan, SH., MH. Hakim Agung pada Kamar Militer ini menggantikan posisi Timor P Manurung SH., MM., yang telah Pensiun pada September 2017 lalu.
     
    Pelantikan dan pengambilan sumpah ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo Nomor: 188/P Tahun 2018 tanggal 28 September 2018.
     
    Selain Ketua Mahkamah Agung, Acara ini akan dihadiri oleh seluruh pimpinan Mahkamah Agung, Hakim Agung, para pejabat Eselon 1-4 Mahkamah Agung dan Undangan lainnya. (Humas)
     
  •  
    Jakarta – Humas: Mahkamah Agung kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan atas Laporan Keuangan MA dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2013-2017. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Dr.Syariffudin, SH.,MH, pada Kamis 20/9/2018 di gedung Dhanapala.Selengkapnya...
  • Denpasar – Humas : Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH., membuka secara resmi Kejuaran Nasional Tenis Beregu Piala Ketua Mahkamah Agung ke XVIII di Lapangan Renon Denpasar, Senin,10/9/2018. Kejuaran nasional yang diselenggarakan setiap 3 (tiga) tahun ini menjadi ajang silaturahim yang diharapkan dapat mempererat jiwa korsa warga peradilan. “Dari turnamen ini kita dapat belajar untuk berlomba – lomba menjadi dan memberikan yang terbaik, dengan cara memaksimalkan potensi yang ada dalam diri, melalui semangat juang yang tinggi, strategi yang matang dan kerjasama tim yang solid. Nilai – nilai kebaikan itulah yang diharapkan juga dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari – hari warga pengadilan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan.” Tutur Hatta Ali.

    Selengkapnya...
  • Taliwang |21 Mei 2018

    Pengadilan Agama Taliwang menyelenggarakan apel memperingati Hari Kebangkitan Nasional 21 Mei 2018.

    Apel tersebut berlansung di halaman depan Kantor Pengadilan Agama Taliwang, Senin (21/5/2018) pagi.


    Apel tersebut dipimpin lansung oleh Ketua Pengadilan Agama Taliwang Hj. Siti Jannatul Hilmi S.Ag., MA, dan diikuti oleh seluruh Pejabat Pengadilan Agama Taliwang mulai dari Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Staf dan PTT.

    Selengkapnya...
Cetak

Pelaksanaan Eksekusi Perkara Nomor 0228/Pdt.G/2017/PA.Tlg

Ditulis oleh admin. Posted in Peradilan Agama

SUKSES MELAKSANAKAN EKSEKUSI
PERKARA NO: 0228/Pdt.G/2017/PA. Tlg.
 
Pada hari Rabu tanggal 11 April 2018, Pengadilan Agama Taliwang telah melaksanakan eksekusi terhadap putusan Pengadilan Agama Taliwang perkara Nomor. 0228/Pdt.G/2017/PA.Tlg, tanggal 20 Desember 2017, yang telah berkekuatan  hukum tetap.
 
Sebelum tim eksekutor Pengadilan Agama Taliwang menuju ke lokasi obyek yang akan dieksekusi,  terlebih dahulu tim eksekutor bersama dengan tim keamanan Polres  Sumbawa Barat mengikuti Pengarahan dari Kabag Ops Polres Sumbawa Barat di Lobi Polres Sumbawa Barat, pada pengarahan tersebut Kabag Ops Polres Sumbawa Barat dalam pengarahannya yang menekankan agar pelaksanaan eksekusi  dilaksanakan secara persuasif dan penuh rasa tanggung jawab, Petugas keamanan agar mendampingi pihak Pengadilan Agama dalam melaksanakan tugasnnya jangan sampai ada kecolongan sehingga terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, lalu pengarahan diakhiri dengan doa bersama.
Tim eksekutor Pengadilan Agama Taliwang  tiba di lokasi eksekusi pada pukul 09.30 Wita dipimpin oleh Panitera Pengadilan Agama Taliwang (Tmajidullah, S.H)  sebagai saksi-saksi yaitu Wakil Panitera PA. Taliwang (Muhammad Saleh, S.H) dan Panmud Hukum PA. Taliwang  (Herman, S.H), Jurusita Pengadilan Agama Taliwang, (M. Ridwan, S.H) dan didampingi oleh petugas keamanan dari Polres Sumbawa Barat yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Sumbawa Barat.
 
Selanjutnya tim eksekusi menyatakan dan memberitahukan kepada pihak-pihak yang hadir dan saksi-saksi bahwa pelaksanaan putusan ini akan segera dilaksanakan yaitu dimulai obyek Tabungan sejumlah Rp. 523.934.861 di Nomor Rekening: 0551128648 Bank BNI Cabang Taliwang, merupakan pesangon Almarhum dari PT. Aman Mineral Nusa Tenggara.
 
 
Setelah eksekusi dilaksanakan di obyek tersebut lalu tim eksekutor melanjutkan tugas eksekusinya ke obyek berikutnya yaitu Tanah seluas ± 15 x 25 M2 dan rumah  Seluas ± 10 x 18 M2 terletak di Kota Baru Rt/Rw 04/05 kelurahan Dalam Kecamatan Taliwang – Sumbawa Barat.
 
 
Pelaksanaan eksekusi tersebut mendapat perhatian dari warga masyarakat bahkan beberapa warga ikut melihat dan mengamati pelaksanaan eksekusi tersebut. Eksekusi ini berjalan lancar, tepat pukul 14.00 WITA pelaksanaan eksekusi tersebut selesai dilaksanakan.
 
Pelaksanaan eksekusi ini berhasil tidak lepas dari kerja sama dari Polres Sumbawa Barat yang menerjunkan beberapa personilnya sebagai tenaga keamanan yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Sumbawa Barat, ini sebagai bukti yang nyata  antara Pengadilan Agama Taliwang dengan Polres Sumbawa Barat menjalin hubungan kerja sama yang baik, oleh karenanya Pengadilan Agama Taliwang memberikan pengharagaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Polres Sumbawa Barat dalam memberikan keamanannya demi terlaksananya eksekusi ini dengan hasil yang maksimal, demikian pula keterlibatan masyarakat dalam menyukseskan kegiatan eksekusi ini patut diberikan penghargaan yang setinggi-tingginya sehingga semua bentuk kegiatan dapat terlaksna dengan hasil yang baik dan sempurna;
 
Dengan berhasilnya pelaksanaan eksekusi oleh Pengadilan Agama Taliwang ini, berarti keberhasilan pengadilan dalam memberikan pelayanan hukum yang nyata kepada masyarakat, yakni berhasil membantu masyarakat pencari keadilan mendapatkan hak-haknya sekaligus memberikan kesan kepada masyarakat pencari keadilan bahwa  lembaga Peradilan Agama termasuk salah satu lembaga peradilan yang dapat memberikan  kepastian hukum.
 
Dengan berhasilnya Tim eksekutor melaksanakan eksekusi ini berharap semoga menjadi amanah dan menjadi amal ibadah kepada semua pihak  yang terlibat dalam membantu menyukseskan pelaksanaan eksekusi ini.
 
Eksekusi semacam ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi lagi dan pasti akan terjadi lagi, namun dari pihak polres menyatakan bahwa pihaknya akan siap selalu mendampingi dan memberikan keamanan kepada Tim eksekutor Pengandilan Agama Taliwang dalam menegakkan keadilan dan kepastian hukum dalam masyarakat.

UK Bookamekrs http://gbetting.co.uk Free Bets